Minggu, 10 September 2017

tugas kuliah UT Mapel PKM

kali ini saya akan membagikan contoh tugas kuliah UT tentang PKM semester 4,
langsung saja lihat contohnya dibawah ini semoga bermanfaat.


 LAPORAN
HASIL PEMBELAJARAN PRAKTEK MATA KULIAH
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
(PKM)
 













DI SUSUN OLEH :
NAMA                          : AKHAMD EKO PRAYUGO
NIM                              : 826225252
PROGRAM STUDI     : PGSD S1 PENDAS
KELAS / SEMESTER : A / IV

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
( UPBJJ-UT)
PALEMBANG
POKJAR TUNGKAL JAYA

TAHUN 2017



DAFTAR ISI

Cover
Halaman Pengesahan
Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
Surat Ketersediaan Teman Sejawat
Format Kelengkapan Berkas Mata Kuliah PKM PGSD S1
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
C.     Manfaat
D.    Gambaran Umum Isi Laporan
E.     Tempat Dan Waktu Pelaksanaan
BAB II
Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran
A.    Pertemuan 1
B.     Pertemuan 2
C.     Pertemuan 3
D.    Pertemuan 4
E.     Pertemuan 5
F.      Pertemuan 6
G.    Pertemuan 7
H.    Pertemuan 8
I.       Pertemuan 9
J.       Pertemuan 10
K.    Pertemuan 11
L.     Pertemuan 12
BAB III
 Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
A.    RPP
B.     Lembar Observasi
C.     Lembar Refleksi
D.    Lembar APKG 1
E.     Lembar APKG 2
F.      Jurnal Bimbingan

HALAMAN PENGESAHAN

Nama Mahasiswa        : Akhmad Eko Prayugo
NIM                            : 826225252
Program PGSD           : S1
Pokjar                          : Tungkal Jaya



          Pembimbing,                                                  Tungkal Jaya,    Mei 2017





EKO SUGIANTO,S.Pd                                       AKHMAD EKO PRAYUGO
NIP. 196704201989061001                                    NIM. 826225252





Mengetahui,
Kepala UPBJJ Palembang





Ir.ADI WINATA,M.Si
NIP.196107281986021002

MUBA WRlogo iso baru
  PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DAWAS

 


Kepada
Yth, Kepala UPBJJ UT Palembang
Di Tempat,




SURAT REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : IDIN KUTNI, A.Ma.Pd
Kepala Sekolah         : SD NEGERI 2 DAWAS
NPWP                                    : 48.943.624.6.306.000
Alamat Sekolah         : Dawas Kec.Keluang Kab.Musi Banyuasin

Dengan ini menyatakan bahwa supervisor 2 yang bernama SITI MAIMUNAH, S.Pd dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini :

Nama                          : AKHMAD EKO PRAYUGO
NIM                            : 826 225 252

Demikian surat rekomendasi ini di buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya .





                                                                                         Dawas, 03 April 2017
                                                                                         Kepala Sekolah
                                                                                         SD Negeri 2 Dawas






                                                                                         IDIN KUTNI, A.Ma.Pd
                                                                                         NIP. 19690402 199707 1 001

Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT Palembang
Di Tempat.



SURAT KETERSEDIAAN SUPERVISOR 2


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : SITI MAIMUNAH ,S.Pd

Asal dari sekolah       : SD Negeri 2 Dawas

Nomor telepon / HP  : 0823 8025 6141

Alamat email              :

Dengan ini menyatakan bersedia menjadi supervisor 2 yang akan memeriksa dan memberi masukan terhadap rencana pelaksaan pembelajaran ( RPP ) serta mengamati praktik mengajar sebanyak 10 kali dalam mata kulia PKM ( Pemantapan Kemampuan Mengajar ), yang akan di lakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini :

Nama                          : AKHMAD EKO PRAYUGO

NIM                            : 826 225 252

Demikian surat ketersediaan menjadi supervisor 2 ini dibuat untuk dapat di pergunakan sebagimana mestinya.





                                                                                    Dawas , 03 April 2017
                                                                                    Supervisor 2






                                                                                    SITI MAIMUNAH, S.Pd

FORMAT KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA KULIAH PKM PGSD S1


Kode mata kuliah        : PDGK 4209
Nama mahasiswa        : Akhmad Eko Prayugo
UPBJJ-UT                   : Palembang
Pokjar                          : Tungkal Jaya
Masa Ujian                  : 2016 2


No

Jenis Berkas

Target
Kelengkapan Jumlah Yang Dikumpulkan Mahasiswa
1
RPP
12
12
2
Lembar Refleksi
12
12
3
APKG 1
12
12
4
APKG 2
12
12
5
Jurnal Bimbingan
1
1
6
Lembar Observasi
12
12



                                                                        Keluang, 15 Mei 2017
                                                                        Mahasiswa,




                                                                        AKHMAD EKO PRAYUGO
                                                                        NIM.826225252

KATA PENGANTAR

 Assalammualaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan pemantapan kemampuan mengajar ( PKM ) tanpa ada hambatan yang berarti. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Rasullullah SAW, keluarga, sahabat, kerabat serta pengikutnya.
Berkas ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah PKM di sekolah dasar S1pendidikan SD, FKIP UT UPBJJ Palembang Pokjar Tungkal Jaya Kecamatan tUngkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Laporan ini disusun dengan memprioritaskan keaktifan siswa dalam menguasai materi.
Laporan pemantapan kemampuan mengajar ini di buat berdasarkan praktek mahasiswa tanggal 17 April 2017 sampai tanggal 03 Mei 2017 di SD Negeri 2 Dawas Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dan di SD Negeri 1 Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Ucapan terimakasih yang sedalamnya penulis haturkan kepada :
1.      Allah SWT.
2.      Keluarga tercinta yang senantiasa memberikan do’a dan dukungan.
3.      Bapak Sarsito.M.Pd selaku ketua UT Pokjar Tungkal Jaya.
4.      Bpak Eko Sugianto,S.Pd selaku pembimbing mata pelajaran  PKM.
5.      Segenap pengelola UT Pokjar Tungkal Jaya.
6.      Para tutor serta rekan – rekan mahasiswa Pokjar Tungkal Jaya.
7.      Ibu Rita Triana,M.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri 1 Peninggalan.
8.      Bapak Idin Kutni,S.Pd selaku Kepala sekolah SD Negeri 2 Dawas.
9.      Ibu Siti Maimunah,S.Pd selaku teman sejawat.
10.  Bapak dan Ibu penguji praktek pemantapan kemampuan mengajar (PKM).
11.  Siswa-siswi SD Negeri 2 Dawas dan Siswa-siswi SD Negeri 1 Peninggalan.

Dengan tersusunnya laporan ini dapat menjadi bakat dan melatih kebiasaan untuk mampu menyelenggarakan program pembelajaran, mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran disekolah berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan bidang studi dan pendidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, kiranya saran dan masukan yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan professional guru, akhir kata penulis ucapkan terimaksih .
Wassalammualaikum wr.wb







                                                                        Keluang, 15 Mei 2017
                                                                        Penulis,




                                                                        AKHMAD EKO PRAYUGO
                                                                        NIM.826225252

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Mengajar merupakan suatu keahlian professional seseorang yang harus di bentuk melaui sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis, yang di landasi oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mantap. Banyak kalangan yang berfikir bahwa keterampilan mengajar akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan lam waktu mengajar yang dilakukan seseorang. Fenomena yang terjadi dibelakang ini adalah banyak lulusan SLTA yang karena berbagai faktor tidak dapat melanjutkan pendidikan tinggi serta memili untuk mencari pekerjaan, dan secara kebetulan banyak pula dari mereka menjadi guru kontrak disekolah-sekolah swasta atau yang berada dipinggiran kota yang memang kekurangan guru. Dapatkah dibayangkan seseorang lulusan SLTA yang tidak terlatih mengajar, tetapi karena berbagai faktor terpaksa harus mengajar. Ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, proses transfer pengetahuan dilakukan dengan baik tetapi mengabaikan kebutuhan siswa karena memang tidak mempunyai pengetahuan tentang kondisi psikologi siswanya. Namun, bisa jadi proses transfer pengetahuan dan pengenalan terhadap siswa tidak dipahami secara utuh sehingga perilaku mengajar yang ditampakkan guru akan tidak membawa dampak yang diharapkan terjadi pada siswa.
Pembelajaran yang efektif haruslah dimulai dari adanya rancangan pembelajaran yang matang yang ditujukan pada penguasaan suatu kompetensi dalam diri siswa. Agar seseorang dapat menjadi guru yang professional dan dapat mengelola pembelajran yang efektif maka tidak cukup dengan hanya mengamati kegiatan mengajar semata tetapi harus mempelajari ilmu mendidik dan mempraktikkan ilmu tersebut berulang-ulang.
Proses pembentukan keterampilan mengajar, secara bertahap disediakan dalam mata kulia Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jika mahasiswa hanya mengganggap latihan sebagai suatu formalitas maka mahasiswa tersebut tidak akan memiliki keterampilan mengajar. Namun, apabila mahasiswa merasa latihan sebagai kebutuhan yang akan membawa kepada peningkatan kemampuan mengajar mereka, tentu akan melakukannya secara bersungguh-sungguh, sehingga kualitas mengajarnya akan meningkat.
B.     Tujuan
Tujuan mata kulian Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) adalah :
1.      Syarat yang harus di tempuh dalam menyelesaikan program strata satu (S1) PGSD melalui mata kulia Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM).
2.      Untuk memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3.      Untuk menambah wawasan calon guru/gur dengan metode dan teknik-teknik mengajar terkini yang sedang di laksanakan.
4.      Sebagai sarana evaluasi dan sumbang saran dari sekolah mitra terhadap lembaga pendidikan yang mencetak calon guru.
5.      Menganalisa karakteristik dan kebutuhan belajar siswa, serta situasi pembelajaran di SD.
6.      Menyusun rencana pembelajran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.
7.      Melaksanakan pembelajaran secar efektif dengan mengacu pada rencan pembelajaran yang telah dibuat.
8.      Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacu.


C.    Manfaat
Agar tujuan tersebut dapat dikuasai, diharapkan dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran mata kuliah PKM dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memetik manfaat berikut :
1.      Memiliki pengalamn belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh melalui praktek tindak mengajar. Manfaat tersebut akan menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik, dan menantang buakn hanya untuk mahasiswa sebagi guru tetapi juga untuk siswa.
2.      Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang danmelaksanakan pembelajaran, serta melakukan berbagi upaya untuk memperbaikikekurangan dalam mengajar.
3.      Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan yang dpat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4.      Dapat memantapkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan dalammelaksanakan proses pembelajaran.
5.      Bagi siswa, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru menjadisemakin berkualitas, paikem, dan optimal keluaran yang dihasilkan.










D.    Gambaran umum isi laporan
Secara umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah melaksanakan praktik pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran, factor-faktor penyebabnya serta langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran bisa lebih baik.
Pelaksanaan dari seluruh kegiatan laporan ini terbagi dalam 2 bagian, yaitu :
1.      Pelaksanaan PKM pertama dilakukan pada praktik mengajar di SD tempat tugas masing-masing, RPP 12, refleksi 12, APKG1 12,
APKG2 12.
2.      Pelaksaan PKM kedua dilakukan di SD tempat ujian praktik masing-masing, RPP 2, refleksi 2, APKG1 2, APKG2 2.


E.     Tempat dan waktu  pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan praktik  pemantapan kemampuan mengajar di sekolah sendiri, yaitu di :
Nama sekolah              : SD Negeri 2 Dawas
Alamat                                    : Desa Dawas, Kecamatan Keluang
                                                  Kabupaten Musi Banyuasin
Waktu                                     : 17 April 2017 s/d 27 April 2017

Pelaksanaan kegiatan praktik pemantapan kemampuan mengajar di tempat ujian praktik PKM, yaitu di :
Nama sekolah              : SD Negeri 1 Peninggalan
Alamat                                    : Desa Peninggalan, Kecamatan Tungkal Jaya
                                                  Kabupaten Musi Banyuasin
Waktu                         : 02 Mei 2017 s/d 03 Mei 2017

Kegiatan peningkatan kemampuan mengajar Universitas Terbuka Pokjar Tungkal Jaya dilaksanakn dari tanggal 17 April 2017 s/d 03 Mei 2017 dengan rincian sebagi berikut :
1.      Praktik mengajar RPP 1 dan 2 Tanggal 17 April 2017
RPP 1 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III
                         Materi tentang Gerak Benda
RPP 2 : Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V
                         Materi tentang Keputusan Bersama

2.      Praktik mengajar RPP 3 dan 4 Tanggal 18 April 2017
RPP 3 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III
                         Materi tentang Jenis-Jenis Pekerjaan
RPP 4 : Mata pelajaran Matematika kelas V
                         Materi tentang Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang

3.      Praktik mengajar RPP 5 dan 6 Tanggal 20 April 2017
RPP 5 : Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
                         Materi tentang Cerita Pendek Anak
RPP 6 : Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V
                         Materi tentang Organisasi Di Sekolah
4.      Praktik mengajar RPP 7 dan 8 Tanggal 21 April 2017
RPP 7 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V
                         Materi tentang Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Di
                         Indonesia
RPP 8 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V
                         Materi tentang Kegunaan Air Dan Daur Air

5.      Praktik mengajar RPP 9 dan 10 Tanggal 25 April 2017
RPP 9 : Mata pelajaran Matematika kelas V
                         Materi tentang Pecahan

RPP 10 : Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
                           Materi tentang Memahami Teks Dengan Membaca Sekilas

6.      Praktik mengajar RPP 11 dan 12 Tanggal 27 April 2017
RPP 11 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
                            Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia 
                            Pembelajaran Tematik kelas III
                            Tema tentang Keperluan Sehari-Hari
RPP 12 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika,
                            Pendidikan Kewarganegaraan,
                            Pembelajaran Tematik kelas III
                            Tema tentang Pertanian

7.      Praktik mengajar RPP 13 02 Mei 2017
RPP 13 : Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III
                           Materi tentang Mendengarkan Cerita Anak

8.      Praktik mengajar RPP 14 03 Mei 2017
RPP 14 : Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III
                           Materi tentang Gerak Benda Dan Hubungan Dengan Energi



 BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

A.    Pertemuan ke-1 dan ke-2
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III.
Praktik mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V.
Pada hari Senin, Tanggal 17 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas III pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas III dan dikelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah dalam alokasi waktu.
2.      Kelemahan disebabkan  ternyata masih berlebih waktu untuk pemberian tugas kepada siswa. Kelemahan itu terjadi karena saya terlalu banyak menyampaikan materi dikegiatan inti sehingga kurang waktu pada kegiatan akhir.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan metode dan alat peraga,.
4.      Kelebihan terjadi karena alat peraga dan metode yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikan beberapa kegiatan untuk menggali kemampuan pengetahuan mereka.
5.      Hal unik dalam pertemuan pertama ini adalah banyak siswa yang banyak melakukan percobaan-percobaan yang saya contohkan.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran kedepannya berjalan lebih lancer dan baik.
B.     Pertemuan ke-3 dan ke-4
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III.
Praktik mengajar mata pelajaran Matematika kelas V.
Pada hari Selasa, Tanggal 18 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas III pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas III dan dikelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah dalam alokasi waktu.
2.      Kelemahan disebabkan karena ternyata masih kurang waktu, hal ini terjadi karena kurangnya alat peraga yang tersedia.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan materi pembelajaran.
4.      Kelebihan disebabkan karena pelajaran atau materi yang saya sampaikan tidak begitu sulit untukdipahami siswa.
5.      Hal unik dalam pertemuan pertama ini adalah banyak siswa yang menceritakan pengalamanya saat maju didepan kelas.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa.

C.    Pertemuan ke-5 dan ke-6
Praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V.
Praktik mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V.
Pada hari Kamis, Tanggal 20 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah dalam menyampaikan materi pelajaran.
2.      Kelemahan disebabkan karena banyak siswa yang bermain dikelas dengan temannya sehingga kurang memperhatikan materi yang saya jelaskan.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan metode dan alat peraga.
4.      Kelebihan disebabkan karena metode dan alat peraga yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikan beberapa kegiatan untuk menggali kemampuan pengetahuan mereka.
5.      Hal unik dalam pertemuan ini adalah banyak siswa yang banyak melakukan percobaan-percobaan kedepan dengan bahasa mereka masing-masing.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran selanjutnya bisa berjalan lebih baik.

D.    Pertemuan ke-7 dan ke-8
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V.
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V.
Pada hari Jum’at, Tanggal 21 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah dalam jumlah siswa .
2.      Kelemahan disebabkan karena siswa yang sedikit karena banyak yang tidak masuk sekolah.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan metode dan alat peraga.
4.      Kelebihan disebakan oleh alat peraga yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan berbagai percobaan sesuai dengan materi yang saya ajarkan.
5.      Hal unik dalam pertemuan ini adalah banyak siswa yang melakukan percobaan-percobaan yang saya contohkan kedepan kelas walaupun masih ada yang belum mengerti.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran kedepannya lebih baik.

E.     Pertemuan ke-9 dan ke-10
Praktik mengajar mata pelajaran Matematika kelas V.
Praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V.
Pada hari Selasa, Tanggal 25 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah metode dan alat peraga.
2.      Kelemahan disebabkan karena kurangnya alat peraga yang tersedia disekolah.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah penguasaan kelas.
4.      Kelebihan disebabkan karena siswa memperhatiakn dengan cermat setiap mata pelajaran yang saya jelaskan.
5.      Hal unik dalam pertemuan ini adalah saat saya menjelaskan materi ada salah satu siswa yang tidak lancar berbicara indonesia.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran kedepan lebih baik lagi.

F.     Pertemuan ke-11 dan ke-12
Praktik mengajar tematik yang bertema tentang keperluan sehari-hari.
Praktik mengajar tematik yang bertema tentang pertanian.
Pada hari Kamis, Tanggal 27 April 2017 pukul 07.30-08.40 kelas III, pukul 10.00-11.40 kelas III, dilaksanakan praktek mengajar di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.      Kelemahan yang saya temukan adalah metode pembelajaran.
2.      Kelemahan disebabkan karena terlalu banyak mata pelajaran yang ada dalam tema yang saya ajarkan, jadi siswa juga kurang memahami.
3.       Kelebihan yang saya temukan adalah Tanya jawab dengan siswa
4.      Kelebihan disebabkan karena siswa ternyata senang sekali ditanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari saya.
5.      Hal unik dalam pertemuan ini adalah banyak siswa yang bertanya diluar materi pelajaran.
6.      Dengan adanya kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kedepan lebih baik lagi.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Secara umum kelemahan pembelajaran yang say lakukan adalah penataan alokasi waktu dan media pembelajaran.
2.      Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah kurangnya pengalaman dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan kurangnya sarana dan prasarana.
3.      Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah penguasaan kelas dan interaksi kepada siswa.
4.      Secara umum kelebihan disebabkan karena interaksi kepada siswa yang dapat membantu siswa dalam memahami apa yang saya sampaikan di setiap pertemuan di kelas. Sehingga siswa senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang say sampaikan.
5.      Berdasarkan pada kelemahan dan kelebihan saya lakukan saat pembelajaran maka berbagai cara dan teknik perbaikan yang telah saya tempuh adalah pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang mampu mengendalikan kelas setiap pertemuan agar kegiatan pembelajaran lebih efektif. Sehingga kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan bagi para siswa.

B.     Saran
Secara garis besar dari hasil perbaikan yang telah dilakukan sebaiknya :
1.      Guru lebih memperhatikan kebutuhan para siswa yang akan diajarnya, agar penyampaian materi bisa berjalan dengan lancar dan siswa pun mudah untuk memahaminya.
2.      Siswa yang kurang atau lambat menerima materi lebih diperhatikan dan diberikan latihan serta bimbingan khusus sehingga dapat menutupi segala kekurangan-kekurangannya saat belajar dikelas bersama teman-temannya.

DAFTAR PUSTAKA

M.Sulaeman, (2004). Buku Sains untuk SD Kelas III.
Jakarta Pusat : PT.Setia Purna.

Hanif Nurcholis, Mafrukhi, KTSP 2006. Buku Bahasa Indonesia Kelas III.
Jakarta : Erlangga

Buku Pendidikan Kewarganegaraan, Kelas V KTSP 2006
Jakarta : Erlangga

Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, KTSP 2006, Kelas V
Jakarta : Erlangga

Buku Matematika. KTSP 2006. Kelas V
Jakarta : Erlangga

Tim-FKIP UT (2004). Pemantapan Kemampuan Mengajar.
Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka (2016).

Lampiran lampiran
A.    RPP
B.     Lembar Observasi
C.     Lembar Refleksi
D.    Lembar APKG 1
E.     Lembar APKG 2
F.      Jurnal Bimbingan


ditu lah beberapa contoh PKM yang saya buat semester sebelumnya dan alhamdullah nilainya A..
mungkin akan ada beberapa perubahan setiap periode..dan semoga postingan saya ini bisa sedikit membantu agan agan dalam mengerjakan tugas kuliah nya ...terimakasih telah mampir di blog saya ..apabila ingin bertanya dan kasih saranserta masukan silakan komen dibwah ya....good job.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar