kali ini saya akan membagikan contoh tugas kuliah UT tentang PKM semester 4,
langsung saja lihat contohnya dibawah ini semoga bermanfaat.
LAPORAN
HASIL PEMBELAJARAN PRAKTEK MATA KULIAH
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
(PKM)
DI SUSUN OLEH :
NAMA : AKHAMD EKO PRAYUGO
NIM : 826225252
PROGRAM STUDI :
PGSD S1 PENDAS
KELAS / SEMESTER :
A / IV
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
( UPBJJ-UT)
PALEMBANG
POKJAR TUNGKAL JAYA
TAHUN 2017
DAFTAR ISI
Cover
Halaman Pengesahan
Surat Rekomendasi Kepala
Sekolah
Surat Ketersediaan Teman
Sejawat
Format Kelengkapan Berkas
Mata Kuliah PKM PGSD S1
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
B.
Tujuan
C.
Manfaat
D.
Gambaran Umum
Isi Laporan
E.
Tempat Dan Waktu
Pelaksanaan
BAB II
Temuan-Temuan Dalam Pembelajaran
A.
Pertemuan 1
B.
Pertemuan 2
C.
Pertemuan 3
D.
Pertemuan 4
E.
Pertemuan 5
F.
Pertemuan 6
G.
Pertemuan 7
H.
Pertemuan 8
I.
Pertemuan 9
J.
Pertemuan 10
K.
Pertemuan 11
L.
Pertemuan 12
BAB III
Penutup
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
A.
RPP
B.
Lembar Observasi
C.
Lembar Refleksi
D.
Lembar APKG 1
E.
Lembar APKG 2
F.
Jurnal Bimbingan
HALAMAN PENGESAHAN
Nama Mahasiswa : Akhmad Eko Prayugo
NIM : 826225252
Program PGSD : S1
Pokjar : Tungkal Jaya
Pembimbing, Tungkal Jaya, Mei
2017
EKO SUGIANTO,S.Pd
AKHMAD EKO PRAYUGO
NIP. 196704201989061001
NIM. 826225252
Mengetahui,
Kepala UPBJJ Palembang
Ir.ADI WINATA,M.Si
NIP.196107281986021002


PEMERINTAH
KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH
DASAR NEGERI 2 DAWAS
![]() |
Kepada
Yth, Kepala UPBJJ UT Palembang
Di Tempat,
SURAT REKOMENDASI KEPALA SEKOLAH
Yang bertanda tangan di bawah ini
:
Nama : IDIN KUTNI, A.Ma.Pd
Kepala
Sekolah : SD NEGERI 2 DAWAS
NPWP : 48.943.624.6.306.000
Alamat
Sekolah : Dawas Kec.Keluang
Kab.Musi Banyuasin
Dengan ini menyatakan bahwa
supervisor 2 yang bernama SITI MAIMUNAH,
S.Pd dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan
perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini :
Nama : AKHMAD EKO PRAYUGO
NIM : 826 225 252
Demikian surat rekomendasi ini di
buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya .
Dawas, 03 April 2017
Kepala Sekolah
SD Negeri 2 Dawas
IDIN
KUTNI, A.Ma.Pd
NIP. 19690402 199707 1 001
Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT Palembang
Di Tempat.
SURAT KETERSEDIAAN SUPERVISOR 2
Saya yang bertanda tangan di
bawah ini :
Nama : SITI MAIMUNAH ,S.Pd
Asal
dari sekolah : SD Negeri 2 Dawas
Nomor
telepon / HP : 0823 8025 6141
Alamat
email :
Dengan ini menyatakan bersedia
menjadi supervisor 2 yang akan memeriksa dan memberi masukan terhadap rencana
pelaksaan pembelajaran ( RPP ) serta mengamati praktik mengajar sebanyak 10
kali dalam mata kulia PKM ( Pemantapan Kemampuan Mengajar ), yang akan di
lakukan oleh mahasiswa tersebut di bawah ini :
Nama : AKHMAD EKO PRAYUGO
NIM : 826 225 252
Demikian surat ketersediaan
menjadi supervisor 2 ini dibuat untuk dapat di pergunakan sebagimana mestinya.
Dawas
, 03 April 2017
Supervisor
2
SITI
MAIMUNAH, S.Pd
FORMAT KELENGKAPAN BERKAS TUGAS MATA KULIAH PKM PGSD
S1
Kode mata kuliah : PDGK 4209
Nama mahasiswa : Akhmad Eko Prayugo
UPBJJ-UT : Palembang
Pokjar : Tungkal Jaya
Masa Ujian : 2016 2
No
|
Jenis Berkas
|
Target
|
Kelengkapan Jumlah Yang
Dikumpulkan Mahasiswa
|
1
|
RPP
|
12
|
12
|
2
|
Lembar Refleksi
|
12
|
12
|
3
|
APKG 1
|
12
|
12
|
4
|
APKG 2
|
12
|
12
|
5
|
Jurnal Bimbingan
|
1
|
1
|
6
|
Lembar Observasi
|
12
|
12
|
Keluang,
15 Mei 2017
Mahasiswa,
AKHMAD EKO PRAYUGO
NIM.826225252
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum wr.wb
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan pemantapan kemampuan mengajar (
PKM ) tanpa ada hambatan yang berarti. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan
kepada Rasullullah SAW, keluarga, sahabat, kerabat serta pengikutnya.
Berkas
ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah PKM di sekolah dasar
S1pendidikan SD, FKIP UT UPBJJ Palembang Pokjar Tungkal Jaya Kecamatan tUngkal
Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Laporan ini disusun dengan
memprioritaskan keaktifan siswa dalam menguasai materi.
Laporan
pemantapan kemampuan mengajar ini di buat berdasarkan praktek mahasiswa tanggal
17 April 2017 sampai tanggal 03 Mei 2017 di SD Negeri 2 Dawas Kecamatan Keluang
Kabupaten Musi Banyuasin dan di SD Negeri 1 Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya
Kabupaten Musi Banyuasin. Ucapan terimakasih yang sedalamnya penulis haturkan
kepada :
1.
Allah SWT.
2.
Keluarga
tercinta yang senantiasa memberikan do’a dan dukungan.
3.
Bapak Sarsito.M.Pd
selaku ketua UT Pokjar Tungkal Jaya.
4.
Bpak Eko
Sugianto,S.Pd selaku pembimbing mata pelajaran PKM.
5.
Segenap
pengelola UT Pokjar Tungkal Jaya.
6.
Para tutor serta
rekan – rekan mahasiswa Pokjar Tungkal Jaya.
7.
Ibu Rita Triana,M.Pd
selaku kepala sekolah SD Negeri 1 Peninggalan.
8.
Bapak Idin
Kutni,S.Pd selaku Kepala sekolah SD Negeri 2 Dawas.
9.
Ibu Siti
Maimunah,S.Pd selaku teman sejawat.
10. Bapak dan Ibu penguji praktek pemantapan kemampuan
mengajar (PKM).
11. Siswa-siswi SD Negeri 2 Dawas dan Siswa-siswi SD
Negeri 1 Peninggalan.
Dengan
tersusunnya laporan ini dapat menjadi bakat dan melatih kebiasaan untuk mampu
menyelenggarakan program pembelajaran, mempersiapkan, merancang, melaksanakan,
mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran disekolah berdasarkan
prinsip-prinsip keilmuan bidang studi dan pendidikan keguruan yang dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Penulis
menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan,
kiranya saran dan masukan yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam
pengembangan dan pemanfaatan professional guru, akhir kata penulis ucapkan
terimaksih .
Wassalammualaikum wr.wb
Keluang,
15 Mei 2017
Penulis,
AKHMAD EKO PRAYUGO
NIM.826225252
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Mengajar
merupakan suatu keahlian professional seseorang yang harus di bentuk melaui
sebuah proses yang terencana dengan baik dan sistematis, yang di landasi oleh
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mantap. Banyak kalangan yang berfikir
bahwa keterampilan mengajar akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan lam
waktu mengajar yang dilakukan seseorang. Fenomena yang terjadi dibelakang ini
adalah banyak lulusan SLTA yang karena berbagai faktor tidak dapat melanjutkan
pendidikan tinggi serta memili untuk mencari pekerjaan, dan secara kebetulan
banyak pula dari mereka menjadi guru kontrak disekolah-sekolah swasta atau yang
berada dipinggiran kota yang memang kekurangan guru. Dapatkah dibayangkan
seseorang lulusan SLTA yang tidak terlatih mengajar, tetapi karena berbagai faktor
terpaksa harus mengajar. Ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi, proses
transfer pengetahuan dilakukan dengan baik tetapi mengabaikan kebutuhan siswa
karena memang tidak mempunyai pengetahuan tentang kondisi psikologi siswanya.
Namun, bisa jadi proses transfer pengetahuan dan pengenalan terhadap siswa
tidak dipahami secara utuh sehingga perilaku mengajar yang ditampakkan guru
akan tidak membawa dampak yang diharapkan terjadi pada siswa.
Pembelajaran
yang efektif haruslah dimulai dari adanya rancangan pembelajaran yang matang
yang ditujukan pada penguasaan suatu kompetensi dalam diri siswa. Agar
seseorang dapat menjadi guru yang professional dan dapat mengelola pembelajran
yang efektif maka tidak cukup dengan hanya mengamati kegiatan mengajar semata tetapi
harus mempelajari ilmu mendidik dan mempraktikkan ilmu tersebut berulang-ulang.
Proses
pembentukan keterampilan mengajar, secara bertahap disediakan dalam mata kulia
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jika mahasiswa hanya mengganggap latihan sebagai
suatu formalitas maka mahasiswa tersebut tidak akan memiliki keterampilan
mengajar. Namun, apabila mahasiswa merasa latihan sebagai kebutuhan yang akan
membawa kepada peningkatan kemampuan mengajar mereka, tentu akan melakukannya
secara bersungguh-sungguh, sehingga kualitas mengajarnya akan meningkat.
B.
Tujuan
Tujuan
mata kulian Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) adalah :
1. Syarat
yang harus di tempuh dalam menyelesaikan program strata satu (S1) PGSD melalui
mata kulia Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM).
2. Untuk
memperbaiki kesalahan teoritis melalui temuan praktik langsung.
3. Untuk
menambah wawasan calon guru/gur dengan metode dan teknik-teknik mengajar
terkini yang sedang di laksanakan.
4. Sebagai
sarana evaluasi dan sumbang saran dari sekolah mitra terhadap lembaga
pendidikan yang mencetak calon guru.
5. Menganalisa
karakteristik dan kebutuhan belajar siswa, serta situasi pembelajaran di SD.
6. Menyusun
rencana pembelajran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.
7. Melaksanakan
pembelajaran secar efektif dengan mengacu pada rencan pembelajaran yang telah
dibuat.
8. Mempertanggungjawabkan
keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip
keilmuan dan moral yang diacu.
C.
Manfaat
Agar
tujuan tersebut dapat dikuasai, diharapkan dapat mengikuti seluruh proses
pembelajaran mata kuliah PKM dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memetik
manfaat berikut :
1. Memiliki
pengalamn belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang
telah diperoleh melalui praktek tindak mengajar. Manfaat tersebut akan
menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu yang dinamis, menarik, dan
menantang buakn hanya untuk mahasiswa sebagi guru tetapi juga untuk siswa.
2. Mempunyai
kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang
danmelaksanakan pembelajaran, serta melakukan berbagi upaya untuk
memperbaikikekurangan dalam mengajar.
3. Terbiasa
mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajran berdasarkan
kaidah-kaidah keilmuan yang dpat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
4. Dapat
memantapkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan dalammelaksanakan proses
pembelajaran.
5. Bagi
siswa, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru menjadisemakin berkualitas,
paikem, dan optimal keluaran yang dihasilkan.
D.
Gambaran
umum isi laporan
Secara
umum laporan ini berisi tentang temuan-temuan yang didapatkan setelah
melaksanakan praktik pembelajaran yang berupa kelemahan, kekuatan penulis dalam
melaksanakan pembelajaran, factor-faktor penyebabnya serta langkah-langkah yang
akan diambil dalam proses pembelajaran selanjutnya agar hasil pembelajaran bisa
lebih baik.
Pelaksanaan
dari seluruh kegiatan laporan ini terbagi dalam 2 bagian, yaitu :
1. Pelaksanaan
PKM pertama dilakukan pada praktik mengajar di SD tempat tugas masing-masing,
RPP 12, refleksi 12, APKG1 12,
APKG2
12.
2. Pelaksaan
PKM kedua dilakukan di SD tempat ujian praktik masing-masing, RPP 2, refleksi
2, APKG1 2, APKG2 2.
E.
Tempat
dan waktu pelaksanaan
Pelaksanaan
kegiatan praktik pemantapan kemampuan
mengajar di sekolah sendiri, yaitu di :
Nama sekolah : SD Negeri 2 Dawas
Alamat : Desa
Dawas, Kecamatan Keluang
Kabupaten Musi Banyuasin
Waktu : 17 April
2017 s/d 27 April 2017
Pelaksanaan
kegiatan praktik pemantapan kemampuan mengajar di tempat ujian praktik PKM,
yaitu di :
Nama sekolah : SD Negeri 1 Peninggalan
Alamat : Desa
Peninggalan, Kecamatan Tungkal Jaya
Kabupaten Musi Banyuasin
Waktu : 02 Mei 2017 s/d 03
Mei 2017
Kegiatan
peningkatan kemampuan mengajar Universitas Terbuka Pokjar Tungkal Jaya
dilaksanakn dari tanggal 17 April 2017 s/d 03 Mei 2017 dengan rincian sebagi
berikut :
1. Praktik
mengajar RPP 1 dan 2 Tanggal 17 April 2017
RPP 1 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III
Materi tentang Gerak Benda
RPP 2 : Mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V
Materi
tentang Keputusan Bersama
2. Praktik
mengajar RPP 3 dan 4 Tanggal 18 April 2017
RPP 3 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III
Materi tentang Jenis-Jenis Pekerjaan
RPP 4 : Mata
pelajaran Matematika kelas V
Materi tentang Sifat-Sifat Bangun Datar Dan
Bangun Ruang
3. Praktik
mengajar RPP 5 dan 6 Tanggal 20 April 2017
RPP 5 : Mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
Materi tentang Cerita Pendek Anak
RPP 6 : Mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V
Materi tentang Organisasi Di Sekolah
4. Praktik
mengajar RPP 7 dan 8 Tanggal 21 April 2017
RPP 7 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V
Materi tentang Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan
Ekonomi Di
Indonesia
RPP 8 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V
Materi tentang Kegunaan Air Dan Daur Air
5. Praktik
mengajar RPP 9 dan 10 Tanggal 25 April 2017
RPP 9 : Mata
pelajaran Matematika kelas V
Materi tentang Pecahan
RPP 10 : Mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas V
Materi tentang Memahami Teks Dengan Membaca
Sekilas
6. Praktik
mengajar RPP 11 dan 12 Tanggal 27 April 2017
RPP 11 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
Pendidikan
Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia
Pembelajaran Tematik kelas III
Tema
tentang Keperluan Sehari-Hari
RPP 12 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika,
Pendidikan Kewarganegaraan,
Pembelajaran Tematik kelas III
Tema tentang Pertanian
7. Praktik
mengajar RPP 13 02 Mei 2017
RPP 13 : Mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas III
Materi tentang Mendengarkan
Cerita Anak
8. Praktik
mengajar RPP 14 03 Mei 2017
RPP 14 : Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III
Materi tentang Gerak Benda Dan Hubungan
Dengan Energi
BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Pertemuan
ke-1 dan ke-2
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) kelas III.
Praktik
mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas V.
Pada hari Senin, Tanggal 17 April 2017 pukul 07.30-08.40
kelas III pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di kelas III
dan dikelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai
supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah dalam alokasi waktu.
2.
Kelemahan
disebabkan ternyata masih berlebih waktu
untuk pemberian tugas kepada siswa. Kelemahan itu terjadi karena saya terlalu
banyak menyampaikan materi dikegiatan inti sehingga kurang waktu pada kegiatan
akhir.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan
metode dan alat peraga,.
4.
Kelebihan terjadi
karena alat peraga dan metode yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mempraktikan beberapa kegiatan untuk menggali kemampuan pengetahuan
mereka.
5.
Hal unik dalam
pertemuan pertama ini adalah banyak siswa yang banyak melakukan
percobaan-percobaan yang saya contohkan.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat
dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran
kedepannya berjalan lebih lancer dan baik.
B. Pertemuan
ke-3 dan ke-4
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS) kelas III.
Praktik
mengajar mata pelajaran Matematika kelas V.
Pada hari Selasa, Tanggal 18 April 2017 pukul
07.30-08.40 kelas III pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar
di kelas III dan dikelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti
Maimunah,S.Pd sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah dalam alokasi waktu.
2.
Kelemahan
disebabkan karena ternyata masih kurang waktu, hal ini terjadi karena kurangnya
alat peraga yang tersedia.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah pada
pemilihan materi pembelajaran.
4.
Kelebihan
disebabkan karena pelajaran atau materi yang saya sampaikan tidak begitu sulit
untukdipahami siswa.
5.
Hal unik dalam
pertemuan pertama ini adalah banyak siswa yang menceritakan pengalamanya saat
maju didepan kelas.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat
dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa.
C. Pertemuan
ke-5 dan ke-6
Praktik mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
V.
Praktik
mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V.
Pada hari Kamis, Tanggal 20 April 2017 pukul
07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar
di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai
supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah dalam menyampaikan materi pelajaran.
2.
Kelemahan
disebabkan karena banyak siswa yang bermain dikelas dengan temannya sehingga
kurang memperhatikan materi yang saya jelaskan.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan
metode dan alat peraga.
4.
Kelebihan
disebabkan karena metode dan alat peraga yang dapat memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mempraktikan beberapa kegiatan untuk menggali kemampuan
pengetahuan mereka.
5.
Hal unik dalam
pertemuan ini adalah banyak siswa yang banyak melakukan percobaan-percobaan kedepan
dengan bahasa mereka masing-masing.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat
dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran
selanjutnya bisa berjalan lebih baik.
D. Pertemuan
ke-7 dan ke-8
Praktik mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) kelas V.
Praktik
mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V.
Pada hari Jum’at, Tanggal 21 April 2017 pukul
07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar di
kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai
supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah dalam jumlah siswa .
2.
Kelemahan
disebabkan karena siswa yang sedikit karena banyak yang tidak masuk sekolah.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah pada pemilihan
metode dan alat peraga.
4.
Kelebihan
disebakan oleh alat peraga yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan
berbagai percobaan sesuai dengan materi yang saya ajarkan.
5.
Hal unik dalam
pertemuan ini adalah banyak siswa yang melakukan percobaan-percobaan yang saya
contohkan kedepan kelas walaupun masih ada yang belum mengerti.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat
dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran
kedepannya lebih baik.
E. Pertemuan
ke-9 dan ke-10
Praktik mengajar mata pelajaran Matematika kelas V.
Praktik
mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V.
Pada hari Selasa, Tanggal 25 April 2017 pukul
07.30-08.40 kelas V, pukul 10.00-11.40 kelas V, dilaksanakan praktek mengajar
di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd sebagai
supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah metode dan alat peraga.
2.
Kelemahan
disebabkan karena kurangnya alat peraga yang tersedia disekolah.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah penguasaan
kelas.
4.
Kelebihan
disebabkan karena siswa memperhatiakn dengan cermat setiap mata pelajaran yang
saya jelaskan.
5.
Hal unik dalam
pertemuan ini adalah saat saya menjelaskan materi ada salah satu siswa yang tidak
lancar berbicara indonesia.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat dengan
kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kegiatan pembelajaran kedepan
lebih baik lagi.
F. Pertemuan
ke-11 dan ke-12
Praktik mengajar tematik yang bertema tentang
keperluan sehari-hari.
Praktik
mengajar tematik yang bertema tentang pertanian.
Pada hari Kamis, Tanggal 27 April 2017 pukul
07.30-08.40 kelas III, pukul 10.00-11.40 kelas III, dilaksanakan praktek
mengajar di kelas V yang diawasi oleh teman sejawat Ibu Siti Maimunah,S.Pd
sebagai supervisor 2 mata kuliah PKM.
Temuan-temuan yang saya dapatkan antara lain :
1.
Kelemahan yang
saya temukan adalah metode pembelajaran.
2.
Kelemahan
disebabkan karena terlalu banyak mata pelajaran yang ada dalam tema yang saya
ajarkan, jadi siswa juga kurang memahami.
3.
Kelebihan yang saya temukan adalah Tanya jawab
dengan siswa
4.
Kelebihan
disebabkan karena siswa ternyata senang sekali ditanya dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari saya.
5.
Hal unik dalam
pertemuan ini adalah banyak siswa yang bertanya diluar materi pelajaran.
6.
Dengan adanya
kelamahan dan kelebihan saya akan menyusun rencana pembelajaran yang tepat
dengan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan siswa agar kedepan lebih baik lagi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Secara umum
kelemahan pembelajaran yang say lakukan adalah penataan alokasi waktu dan media
pembelajaran.
2.
Secara umum
penyebab kelemahan tersebut adalah kurangnya pengalaman dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran dan kurangnya sarana dan prasarana.
3.
Secara umum
kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah penguasaan kelas dan interaksi
kepada siswa.
4.
Secara umum kelebihan
disebabkan karena interaksi kepada siswa yang dapat membantu siswa dalam
memahami apa yang saya sampaikan di setiap pertemuan di kelas. Sehingga siswa
senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang say sampaikan.
5.
Berdasarkan pada
kelemahan dan kelebihan saya lakukan saat pembelajaran maka berbagai cara dan
teknik perbaikan yang telah saya tempuh adalah pemilihan metode dan strategi
pembelajaran yang mampu mengendalikan kelas setiap pertemuan agar kegiatan
pembelajaran lebih efektif. Sehingga kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan
bagi para siswa.
B. Saran
Secara
garis besar dari hasil perbaikan yang telah dilakukan sebaiknya :
1.
Guru lebih
memperhatikan kebutuhan para siswa yang akan diajarnya, agar penyampaian materi
bisa berjalan dengan lancar dan siswa pun mudah untuk memahaminya.
2.
Siswa yang
kurang atau lambat menerima materi lebih diperhatikan dan diberikan latihan
serta bimbingan khusus sehingga dapat menutupi segala kekurangan-kekurangannya
saat belajar dikelas bersama teman-temannya.
DAFTAR PUSTAKA
M.Sulaeman,
(2004). Buku Sains untuk SD Kelas III.
Jakarta
Pusat : PT.Setia Purna.
Hanif
Nurcholis, Mafrukhi, KTSP 2006. Buku
Bahasa Indonesia Kelas III.
Jakarta
: Erlangga
Buku Pendidikan
Kewarganegaraan, Kelas V KTSP 2006
Jakarta
: Erlangga
Buku Ilmu Pengetahuan
Sosial, KTSP
2006, Kelas V
Jakarta
: Erlangga
Buku Matematika. KTSP 2006. Kelas V
Jakarta
: Erlangga
Tim-FKIP
UT (2004). Pemantapan Kemampuan Mengajar.
Tanggerang
Selatan : Universitas Terbuka (2016).
Lampiran lampiran
A.
RPP
B.
Lembar Observasi
C.
Lembar Refleksi
D.
Lembar APKG 1
E.
Lembar APKG 2
F.
Jurnal Bimbingan
ditu lah beberapa contoh PKM yang saya buat semester sebelumnya dan alhamdullah nilainya A..
mungkin akan ada beberapa perubahan setiap periode..dan semoga postingan saya ini bisa sedikit membantu agan agan dalam mengerjakan tugas kuliah nya ...terimakasih telah mampir di blog saya ..apabila ingin bertanya dan kasih saranserta masukan silakan komen dibwah ya....good job.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar